KHALIFAH MERILIS SURAT KEPUTUSAN TENTANG PELARANGAN MENGUNAKAN MEDIA KOMUNIKASI ELEKTRONIK UNTUK TUJUAN NEGATIF

Khalifah / Amirul Mu’minin Syaikh Abdul Qadir Hasan Baraja kembali merilis surat Keputusan terbaru mengenai pelarangan memanfaatkan media komunikasi elektronik (Smartphone) untuk hal-hal yang bersifat Negatif. Sebagai mana tertera dalam Surat Keputusan bernomor : 349/Pst.-01/XII/1437 H. Yang diterbitkan pada tanggal 4 Dzulhijjah 1437 H. Di Bandar Lampung.

Dengan dirilisnya surat keputusan ini membuktikan bahwa  Khalifah / Amirul Mu’minin begitu perhatian dan sayang kepada ummatnya serta betapa beliau intens memperhatikan perkembangan media komunikasi elektronik yang semakin hari semakin berkembang dengan pesatnya.

Apa yang diperhatikan oleh Khalifah / Amirul Mukminin benar adanya bahwa perkembangan media komunikasi elektronik seperti smartphone semakin hari semakin pesat, selaras dengan Lembaga riset digital marketing Emarketer yang telah memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Dan menurut lembaga riset Indonesian Digital Association (IDA),  mengatakan bahwa masyarakat Indonesia menggemari konsumsi berita, media sosial, chating dan lain-lain banyak dilakukan melalui telepon genggam (smartphone). Demikian juga warga Khilafatul Muslimin pada saat ini sebagian besar dari mereka terutama yang tinggal di daerah perkotaan sudah memiliki alat komunikasi sekelas smartphone ini.

Isi dari surat keputusan tersebut melarang kepada Warga Khilafatul Muslimin untuk memanfaatkan media komunikasi untuk hal-hal yang bersifat Ghibah, Fithnah, Curhat, Menggunjing, serta hal-hal yang tidak mempertimbangkan Al-Akhlaqul Karimah.

Namun di dalam Isi surat keputusan itu pula, khalifah masih memperbolehkan atau mengizinkan untuk pemanfaatan media komunikasi tersebut untuk hal-hal yang bersifat positif semisal sebagai sarana untuk mencari ilmu dan menambah wawasan yang bermanfaat serta menjadikannya sebagai media dakwah.

Sebelumnya Khalifah / Amirul Muminin pernah merilis surat keputusan yang berkaitan dengan pemanfaatan media sosial  dan pelarangan curhat di dalamnya. Dengan itu semua pada intinya Khalifah mengharapkan warga Khilafatul Muslimin khususnya untuk tidak terjerumus kepada susuatu pemanfaatan alat yang dimilikinya untuk hal-hal yang tertera dalam surat keputusan tersebut.

Laporan : Muhammad Firdaus

 

Facebook Comments
Tags:

Related Posts