Imam Masjid Papua berbaiat
Imam Masjid Papua berbaiat

Imam Masjid Perkampungan Muslim Papua Berbai’at Ke Khilafah

BERITA KEKHALIFAHAN 0

Perkenalan dengan perkampungan muslim di Klalin SP4, Sorong-Papua ini berawal saat Ustad Rusdi Sabaruddin, Amir Ummul Quro Sorong membagikan daging qurban pada Idul Adha 1436 H lalu. Dari perbincangan, diketahui bahwa selama dua tahun belakangan perkampungan berpenduduk 80 KK ini tidak pernah melaksanakan shalat Jum’at dikarenakan tidak memiliki mimbar dan khatib. Sejak itulah Ustad Rusdi beserta warga kekhalifahan di Sorong melakukan pembinaan kepada penduduk perkampungan ini.

Mimbar dibuat, kemudian disusun jadwal khutbah bergilir antara santri pondok yang dikelola Khilafatul Muslimin di Sorong dengan warga asli untuk membiasakan pelaksanaan shalat Jum’at. Anak-anak perkampungan itu juga diajar mengaji setiap hari.

Senin, 17 Muharam, rombongan Ummul Quro Sorong mengadakan kajian sekaligus sosialisasi kekhalifahan Islam di masjid kampung ini. Setelah shalat isya berjama’ah dan makan malam bersama, acara dimulai. Ustad Rusdi menyampaikan materi tentang pentingnya hidup berkepemimpinan dalam Islam, dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab, acara selesai pukul 21:00 WIT.

Selesai acara, pak Abdul Ghani, imam masjid di perkampungan ini mengajukan beberapa pertanyaan mendetail tentang kekhalifahan hingga akhirnya menyatakan bai’at mendukung perjuangan dalam sistem khilafah. Allahuakbar!

Diharapkan, berbai’atnya Imam Masjid perkampungan ini menjadi pelopor berkembangnya kekhalifahan Islam di Papua, khususnya dikalangan penduduk asli Papua. Aamiin. [ST/NP]

Facebook Comments
Tags:

Related Posts