DAFIS UMMUL QURO BIMA TIMUR, TERBENTUK TIGA KEMAS’ULAN BARU

              Bima Timur, 06 Rajab 1437 H, Ummul Quro Bima Timur, Wilayah Bima mengadakan Dafis selama 4 hari di Kemas’ulan Ntoke. Kerja keras Mas’ul Ummah Ntoke Ust. Mafrud H Sarbini dan stafnya mengondisikan tempat yang akan dijadikan dafis, semangat yang gigih itu merubah acara yang semestinya dilaksanakan pada  pekan kedua bulan Rajab, dipercepat  pada pekan pertama bulan rajab.  Team Dafis terdiri dari Trio da’i senior yang ketiganya punya jabatan sama sebagai Muwasholatil Ijtima’iyah  (Humas), Ust Yusuf Ummar Bahsyen Wazir Muwasholatil Ijtima’iyah Daulah Indonesia Timur, Ust Ahmad Rosyidi Muwasolah Wilayah Bima, Ust Amir Ubud Binsyef Muwasolah Ummul Quro Bima Timur, kemudian team dafis lainnya yaitu Ustad Mursinto UQ Bima Timur, Ustad Sholeh Tayeb staf Amni wad difa’i UQBT, Ustad Yahya Ilyas staf TWT dan Ustad Tasrif H Ismail Mas’ul Ummah Tanjung.

            Mengawali dafis pada hari Kamis, 06 Rajab 1437 H Ust Yusuf Ummar dan Ust Amer Ubud berangkat dahulu, setelah bertemu dengan Mas’ul Ummah Ntoke langsung bersilaturrahmi kepada tokoh masyarakat di Wera dan pada Jum’at malam sosialisasi di masjid Dusun Sori Desa Mandala. Atas izin Allah bergabunglah 9 orang jamaah masjid Sori tersebut dalam barisan Kekhalifahan Islam.

             Jum’at Pagi 07 Rajab rombongan kedua menyusul, seolah sudah menjadi tradisi sebelum menuju ke desa Ntoke rombongan mengunjungi dulu di Polsek Wera dalam rangka dakwah, sudah kami duga, begitu masuk hendak parkir di halaman polsek. Kapolsek Wera IPTU Subagyo langsung menyambut kami, “Selamat datang Pak Ustad, lama sekali saya menunggu kirain tidak jadi datang, silahkan, silahkan langsung masuk istirahat melepas lelah, mohon maaf Pak Kapolsek, kata pak Tasrif, kami tidak bisa berlama lama mengingat waktu sudah mendekati shalat Jum’at, sementara kami harus menyebar ke beberapa masjid yang agak jauh. Insya Allah nanti kalau pulang kami singgah lagi. Waduh kenapa begitu cepat, tapi, baiklah selamat jalan nanti pulangnya sangat kami tunggu harus mampir ya! Sebelum berangkat kami memberi 3 tabloid edisi terbaru yang diterima dengan senang hati. Terimakasih, ini yang saya tunggu tunggu, selamat jalan, selamat berdakwah di wilayah Wera, semoga Ummat siap menjadi ummat yang bersatu, kalau ada apa apa bersinggungan dengan masyarakat jangan lupa telpon Kapolsek! Kata beliau dengan suara keras dan tegas.

            Setelah 15 menit perjalanan kemudian kami berpisah menuju masjid yang telah ditetapkan untuk Khotib Jum’at. Ust Mursinto mendapat tugas khotib di Masjid Desa Sencara. Selesai  Jum’at di dampingi Mas’ul Ummah Ntoke Ustad Mafrud dan Ust Zainuddin Maman berniat berdakwah kepada Danramil Wera Bpk Abdul Ghani. Takdir Allah ternyata Bpk Danramil ada di Masjid tersebut sehingga langsung terlibat dalam diskusi hangat di serambi Masjid. Sekitar 10 menit diskusi kami minta pamit untuk meneruskan perjalanan ke Desa Sori. “Terimakasih silaturrahminya, kata pak Danramil, kalau ada waktu sering seringlah isi masjid kami, dan silahkan bapak-bapak ustad singgah dirumah kami, kapanpun kami siap menerimanya”, imbuhnya.

            15 menit kemudian berkumpullah seluruh team dafis di Masjid Desa Sori, yang saat itu warga baru sedang khusyu’ mendengarkan tausyiyah Ust Yusuf Ummar. Tidak berapa lama berbai’at lagi satu orang, atas nama H Mahmud yang tidak lain adalah Imam Masjid dan juga Kepala Desa Mandala, yang tenyata beliau adalah Kakak kandung Danramil wera Bapak Abdul Ghani. Acara dilanjutkan dengan pengarahan pembentukan Kemas’ulan baru yang diberi nama Kemas’ulan Mandala dilanjutkan bai’at tugas dengan Mas’ul Ummahnya H Mpandi, Qismu Maliyyah Bpk Ahmad Basyir dan Harisul Maaliyah Akhi Feriman. Ba’da acara di desa sori, rombongan menuju rumah Mas’ul Ntoke untuk ishoma, dan ba’da ashar dilanjutkan pembinaan kepada warga kemas’ulan wera yang disampaikan oleh Ust Yusuf Ummar.

            Selepas pembinaan warga, dua kelompok team dafis melanjutkan tugasnya masing-masing. Team da’i kedua berjumlah lima orang menuju Polsek Wera yang memang kehadirannya sudah ditunggu-tunggu Kapolsek Wera Bpk IPTU Subagyo. Kemudian kami menuju ruang tamu dan kami terlibat diskusi dan ramah tamah sekitar dakwah dan visi misi Khilafatul Muslimin. Pukul 19.30 Wita rombongan berpamitan, kepada Pak Kapolsek dan beberapa Polisi, kami diantar sampai jalan raya. “Selamat jalan sampai jumpa lagi dan hati-hati, kata beliau.

            Team dafis pertama, Ustadz Yusuf dan Ustad Amir Ubud ba’da  Magrib lanjut setelah isya’ mengadakan sosialisasi di Masjid desa Lapana’E. Dari sosialisasi itu berbai’at lima warga, kemudian langsung dibentuk kemas’ulan baru dengan nama Kemas’ulan Lapana’E dengan Mas’ul Ummahnya Akhi Arif H Mansyur, Baitul maal Muhammad Dzon, Harisul maaliyah H Alawy. Pagi harinya setelah menempuh 2 jam perjalanan melanjutkan dafis ke desa Nangana’e, Desa Pailuar dan Desa Paidalam. Namun di Kemas’ulan Paidalam tidak bisa bertemu seluruh  warga karena saat itu banyak yang warga diladang karena sedang musim panen.

Ahad malam melanjutkan dafis di desa Kalajena dan berbai’atlah 6 orang jamaah Masjid Kalajena. Kemudian disusun struktural kemas’ulan baru dengan nama Kemas’ulan Kalajena dengan Mas’ul Ummah bapak Edison, Qismu maaliyah Abdul latif, Harisul maaliyah H Dahlan dan Qismu Amni wad Difa’i Akhi Ittaman. Yang terasa istimewa dari warga kemas’ulan kalajena ini adalah semua warga baru punya ghiroh dan cepat paham tentang kepemimpinan Islam, terlihat dari semangatnya mengucapkan bai’at, dan juga terpenuhinya syarat-syarat kemas’ulan sampai pada Amni WD, serta seluruh warga baru itu satupun tidak ada yang merokok.

             Dengan terbentuknya kemas’ulan baru maka Ummul Quro Bima Timur membawahi delapan kemas’ulan, empat kemas’ulan sudah terpenuhi strukturalnya sampai pada Qismu Amni WD, dan empat kemas’ulan dalam status Kemas’ulan Binaan. Semoga seluruh warga selalu istiqomah dalam melaksanakan kegiatan jama’ah dan seluruh Da’i di mudahkan tugasnya dalam mengemban amanah. Aamin. [Mursinto Edi, Bima]

DAFIS UMMUL QURO BIMA TIMUR2Da’i Khilafah Dakwah ke Kapolsek Wera DAFIS UMMUL QURO BIMA TIMUR3Da’i Khilafah Dakwah ke Kapolsek Wera
DAFIS UMMUL QURO BIMA TIMUR4Da’i Khilafah Dakwah ke Koramil Wera, Bersama Danramilnya Bpk. Abdul Ghani DAFIS UMMUL QURO BIMA TIMUR5Pembinaan pada Kemas’ulan Yang baru terbentuk
Facebook Comments
Tags:

Related Posts