CHINA BERANGUS SEGALA AKTIFITAS KEAGAMAAN MUSLIM UIGHUR DI XINJIANG

DUNIA ISLAM 0

XINJIANG – Pemerintah Komunis China kian memperketat aturan keagamaan di wilayah mayoritas Muslim di Xinjiang, salah satunya dengan melarang segala bentuk aktivitas keagamaan di sekolah-sekolah.

Seperti diberitakan Reuters pada Rabu (12/10), Pemerintah China menerapkan kebijakan pendidikan baru yang melarang para orang tua dan guru menyertakan anak-anak mereka dalam berbagai aktivitas keagamaan. Peraturan baru ini berlaku mulai November 2016 mendatang. Pemerintah China menyatakan, para orang tua dan pembimbing yang kedapatan melakukan hal itu akan dilaporkan ke polisi.

Walaupun pemerintah komunis China secara resmi menyatakan menjamin kebebasan beragama , nyatanya kelompok minoritas seperti etnis Muslim Uighur di Xinjiang tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan.

Beberapa tahun terakhir pemerintah bahkan telah menindak keras sekolah-sekolah Islam atau madrasah yang tidak terdaftar di Xinjiang. China juga melarang atribut keagamaan seperti jenggot atau jilbab. (red, sumber: atjcehcyber.id)

Facebook Comments
Tags:

Related Posts